SELAMAT DATANG DI BLOG TEMPAT BELAJAR SISWA-SISWI SIT AL-AULIYA 2

Minggu, 23 November 2008

IPS kls 4 (peta)



Peta
Petunjuk: Pilihlah jawaban dengan tepat!



1. Gambar seluruh atau sebagian dari permukaan bumi yang dilukiskan kesuatu bidang datar dengan perbandingan atau skala tertentu disebut . . .

  a. skala
  b. poster
  c. peta
  d. buku

2. Peta desa, kelurahan, kecamatan, kabupaten/kota dan provinsi. Termasuk contoh dari . . . .
  a. wilayah sempit
  b. wilayah luas
  c. skala besar
  d. skala kecil

3. Apakah yang termasuk dari contoh wilayah yang luas ?
  a. peta desa
  b. peta kelurahan
  c. peta pulau-pulau
  d. peta kecamatan

4. Perbandingan jarak antara dua titik pada peta dengan jarak sebenarnya di permukaan bumi, disebut . . .
  a. legenda
  b. skala
  c. penggaris
  d. jarak tempuh

5. Skala angka disebut juga dengan skala . . .
  a. numerik
  b. grafis
  c. garis
  d. huruf

6. Dibawah ini adalah merupakan syarat-syarata sebuah peta, kecuali . . .
  a. judul peta
  b. tulisan
  c. skala
  d. legenda

7. Biasanya terletak dibagian manakah legenda itu ?
  a. atas
  b. tengah
  c. samping atas
  d. kiri atau kanan

8. Untuk memperjelas perbedaan satu tempat dengan tempat lainnya dialam sebenarnya adalah fungsi dari . . .
  a. garis tepi peta
  b. judul peta
  c. legenda
  d. tata warna

9. Umumnya skala kecil mencakup . . .
  a. jalan raya
  b. peta benua
  c. rumah
  d. bangunan-bangunan

10. Apa sajakah langkah-langkah untuk persiapan menggambar peta ?
  a. buku bacaan, buku tulis, penghapus
  b. buku atlas, penggaris, tas
  c. buku atlas, buku gambar, alat tulis
  d. buku komik dan alat tulis

IPS kls 4 (ketampakan alam 2)

                                                     Kenampakan Alam

Tujuan: anak dapat memahami hubungan kenampakan alam dengan gejalanaya.


Petunjuk: Pilihlah jawaban dengan tepat!

1. Di bawah ini merupakan kenampakan alam, kecuali?
  a. lereng
  b. banjir
  c. puncak
  d. sungai

2. Kenampakan alam dapat dibedakan menjadi dua yaitu . . .
  a. kenampakan wilayah daratan dan perairan
  b. kenampakan wilayah udara dan daratan
  c. kenampakan wilayah pantai dan perairan
  d. kenampakan wilayah langit dan perairan

3. Yang termasuk kenampakan alam wilayah daratan adalah . . .
  a. sungai
  b. danau
  c. laut
  d. gunung

4. Di bawah ini yang tidak termasuk kenampakan alam wilayah perairan adalah . . .
  a. selat
  b. tanjung
  c. danau
  d. laut

5. Yang umumnya banyak dimanfaatkan sebagai lahan pertanian, adalah . . .
  a. dataran tinggi
  b. pantai
  c. gunung
  d. dataran rendah

6. Perairan atau laut sempit yang menghubungkan dua buah pulau dinamakan dengan . . .
  a. sungai
  b. danau
  c. selat
  d. gunung

7. Di bawah ini adalah yang termasuk dengan bencana atau peristiwa alam kecuali . . .
  a. tanah longsor
  b. penghijauan
  c. gempa bumi
  d. banjir

8. Gerakan atau goncangan lapisan permukaan bumi di sebut dengan . . .
  a. angin topan
  b. tanah longsor
  c. banjir
  d. gempa bumi

9. Pada saat kapankah angin topan terjadi?
  a. saat pergantian musim
  b. saat musim kemarau
  c. saat musim hujan
  d. saat tanah longsor

IPS kls 4 (sumber daya alam)

                                                               Sumber Daya Alam

Tujuan: anak dapat mengetahui jenis dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kegiatan ekonomi.


Petunjuk: Pilihlah jawaban dengan tepat!

1. Apakah yang dimaksud dengan sumber daya alam yang dapat diperbaharui?
  a. sumber daya alam yang terbatas
  b. dapat dihasilkan kembali setelah digunakan
  c. tidak dapat dipakai berulang-ulang
  d. tidak dapat dihasilkan kembali setelah digunakan

2. Contoh dari sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah . . .
  a. gas alam
  b. hasil peternakan
  c. hasil pertanian
  d. hasil perikanan

3. Di bawah ini adalah merupakan sumber daya alam yang dapat diperbaharui, kecuali . . .
  a. hasil perkebunan
  b. hasil perikanan
  c. minyak bumi
  d. hasil pertanian

4. Di bawah ini adalah kekayaan alam dari hasil perkebunan kecuali . . .
  a. kelapa sawit
  b. kopi
  c. rotan
  d. cengkeh

5. Kekayan alam hasil dari laut ialah . . .
  a. trumbu karang
  b. batu bara
  c. buncis
  d. ulat sutera

6. Di bawah ini yang merupakan dari hasil tambang adalah . . .
  a. ikan
  b. kina
  c. domba
  d. timah

7. Apakah manfaat dari sumber daya kelapa sawit?
  a. bahan banggunan
  b. bahan pakaian
  c. bahan minyak goreng
  d. bahan bakar

8. Bagaimanakah cara usaha-usaha untuk pelestarian kekayaan alam?
  a. membuang limbah di sungai
  b. menangkap ikan dengan bahan peledak
  c. mendaur ulang bahan-bahan bekas
  d. menebang semua pohon di hutan

9. Kegiatan ekonomi masyarakat yang dipengaruhi keadaan alam di daerah pedesan lebih cocok untuk kegiatan . . .
  a. perkantoran
  b. pelabuhan
  c. perkebunan
  d. perdagangan

10. Kegiatan ekonomi masyarakat yang dipengaruhi keadaan alam di daerah perkotaan lebih cocok untuk kegiatan .....
  a. perdagangan
  b. perikanan
  c. perkebunan
  d. peternakan

IPS kls 4 (sumber daya alam)

                                                               Sumber Daya Alam

Tujuan: anak dapat mengetahui jenis dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kegiatan ekonomi.


Petunjuk: Pilihlah jawaban dengan tepat!

1. Apakah yang dimaksud dengan sumber daya alam yang dapat diperbaharui?
  a. sumber daya alam yang terbatas
  b. dapat dihasilkan kembali setelah digunakan
  c. tidak dapat dipakai berulang-ulang
  d. tidak dapat dihasilkan kembali setelah digunakan

2. Contoh dari sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah . . .
  a. gas alam
  b. hasil peternakan
  c. hasil pertanian
  d. hasil perikanan

3. Di bawah ini adalah merupakan sumber daya alam yang dapat diperbaharui, kecuali . . .
  a. hasil perkebunan
  b. hasil perikanan
  c. minyak bumi
  d. hasil pertanian

4. Di bawah ini adalah kekayaan alam dari hasil perkebunan kecuali . . .
  a. kelapa sawit
  b. kopi
  c. rotan
  d. cengkeh

5. Kekayan alam hasil dari laut ialah . . .
  a. trumbu karang
  b. batu bara
  c. buncis
  d. ulat sutera

6. Di bawah ini yang merupakan dari hasil tambang adalah . . .
  a. ikan
  b. kina
  c. domba
  d. timah

7. Apakah manfaat dari sumber daya kelapa sawit?
  a. bahan banggunan
  b. bahan pakaian
  c. bahan minyak goreng
  d. bahan bakar

8. Bagaimanakah cara usaha-usaha untuk pelestarian kekayaan alam?
  a. membuang limbah di sungai
  b. menangkap ikan dengan bahan peledak
  c. mendaur ulang bahan-bahan bekas
  d. menebang semua pohon di hutan

9. Kegiatan ekonomi masyarakat yang dipengaruhi keadaan alam di daerah pedesan lebih cocok untuk kegiatan . . .
  a. perkantoran
  b. pelabuhan
  c. perkebunan
  d. perdagangan

10. Kegiatan ekonomi masyarakat yang dipengaruhi keadaan alam di daerah perkotaan lebih cocok untuk kegiatan .....
  a. perdagangan
  b. perikanan
  c. perkebunan
  d. peternakan

IPS kls 4 (ketampakan alam)

                                     Mengenal Berbagai Kenampakan Alam

Tujuan:  

Anak dapat mengenal berbagai macam nama dan letak kenampakan alam di Indonesia.

Petunjuk: Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan memilih salah satu jawaban yang benar !

1. Dataran tinggi Cianjur terletak di Provinsi ......
  a. DKI Jakarta
  b. Gorontalo
  c. Jawa Barat
  d. Jawa Tengah

2. Dimanakah letak dataran tinggi Minahasa ?
  a. Sulawesi Utara
  b. Sulawesi Tenggara
  c. Kalimantan Barat
  d. Kalimantan Selatan

3. Berikut ini pantai yang terletak di Provinsi Bali yaitu ......
  a. Ancol
  b. Pelabuhan Ratu
  c. Losiana
  d. Kuta

4. Pantai Ancol terletak di Provinsi ......
  a. DKI Jakarta
  b. Banten
  c. Jawa Tengah
  d. DI Yogyakarta

5. Terletak di Provinsi manakah Pantai Carita ......
  a. DKI Jakarta
  b. Banten
  c. Jawa Tengah
  d. DI Yogyakarta

6. Berikut ini gunung yang terletak di Nusa Tenggara Barat adalah Gunung ......
  a. Merapi
  b. Rinjani
  c. Kerinci
  d. Galunggung

7. Pegunungan Jaya Wijaya terletak di Provinsi ......
  a. Jawa Barat
  b. Bengkulu
  c. Papua
  d. Gorontalo

8. Dimanakah letak Pegunungan Sewu ?
  a. DI Yogyakarta
  b. Jawa Timur
  c. Jawa Barat
  d. DKI Jakarta

9. Selat apakah yang menghubungkan antara Kalimantan dan Sulawesi ?
  a. Selat Berhala
  b. Selat Lombok
  c. Selat Karimata
  d. Selat Makasar

10. Selat Sunda menghubungkan antara ......
  a. Sumatera dan Jawa
  b. Jawa dan Lombok
  c. Timor dan Rote
  d. Sumatera dan Kalimantan

IPS kls 4 (mengenal suku bangsa)

                                                  Mengenal Suku Bangsa Indonesia

Tujuan:  
Anak dapat mengenal suku/marga yang terdapat di setiap Provinsi di Indonesia.

Petunjuk:  
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan memilih salah satu jawaban yang benar !

 

1. Suku Palembang berasal dari Provinsi ......
  a. Sumatera Utara
  b. Sumatera Selatan
  c. Sulawesi Utara
  d. Sulawesi Tengah

2. Provinsi Jawa Timur terdapat suku .....
  a. Banten
  b. Betawi
  c. Madura
  d. Melayu

3. Suku yang terdapat di Provinsi Kalimantan Barat adalah suku ......
  a. Dayak
  b. Asmat
  c. Bugis
  d. Kerinci

4. Di bawah ini merupakan suku-suku yang berada di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, kecuali ......
  a. Aceh
  b. Gayo
  c. Simelu
  d. Lebong

5. Manakah suku yang berada Provinsi di Sulawesi Selatan ?
  a. Makassar
  b. Pamona
  c. Tengger
  d. Minahasa

6. Terdapat di Provinsi manakah suku Asmat ?
  a. Bali
  b. DKI Jakarta
  c. Papua
  d. Maluku

7. Suku Flores terdapat di Provinsi ......
  a. Sulawesi Utara
  b. Nusa Tenggara Timur
  c. Lampung
  d. Bengkulu

8. Di Daerah Istimewa Yogyakarta terdapat suku ......
  a. Badui
  b. Jawa
  c. Betawi
  d. Biak

9. Berikut ini adalah suku yang berada di Provinsi Jawa Barat dan Banten, kecuali ......
  a. Banten
  b. Badui
  c. Sunda
  d. Biak

10. Suku Dayak terdapat di Provinsi ......
  a. Kalimantan Selatan
  b. Kalimantan Utara
  c. Kalimantan Timur
  d. Kalimantan Barat

IPS kls 4 (Peta)

                                                  Mengenal Peta bagian II

Tujuan:  

Anak dapat mengenal lebih rinci mengenai Peta.

Petunjuk:  
Jawablah pertanyaan berikut dengan cara memilih salah satu jawaban yang benar !

 

1. Ilmu dan seni tentang pembuatan peta disebut . . .
  a. kartografi
  b. kaligrafi
  c. manuskrip
  d. topografi

2. Skala yang dinyatakan dalam bentuk kata-kata disebut . . .
  a. skala verbal
  b. skala numeris
  c. skala angka
  d. skala grafis

3. Apakah yang dimaksud dengan skala grafis ?
  a. skala yang dinyatakan dalam bentuk garis
  b. skala yang dinyatakan dalam bentuk lingkaran
  c. skala yang dinyatakan dalam bentuk bilangan
  d. skala yang dinyatakan dalam bentuk kata-kata

4. Perbandingan jarak antara dua tempat atau lebih pada peta dengan jarak yang sebenarya di permukaan bumi disebut. . .
  a. wilayah peta
  b. kronografi peta
  c. skala peta
  d. geografis peta

5. Peta khusus disebut juga dengan peta . . .
  a. topografi
  b. kronografi
  c. tematik
  d. peta umum

6. Peta seluruh permukaan bumi yang menyajikan keterangan secara umum disebut . . .
  a. peta daerah
  b. peta dunia
  c. peta khusus
  d. peta umum

7. Berikut ini adalah syarat-syarat peta yang baik, kecuali . . .
  a. memiliki petunjuk arah yang benar
  b. memiliki ukuran luas relatif yang akurat
  c. memiliki bentuk yang benar
  d. memiliki ukuran yang bebas

8. Peta yang menyajikan daerah yang luas, negara serta benua dengan menggunakan skala yang terkecil adalah . . .
  a. peta topografi
  b. peta kronografi
  c. peta tematik
  d. peta umum

9. Skala yang dinyatakan dalam bentuk bilangan adalah skala . . .
  a. manuskrip
  b. grafis
  c. verbal
  d. numeris

10. Peta politik, peta lalu lintas dan peta geologi termasuk peta . . .
  a. umum
  b. numeris
  c. tematik
  d. khusus

membaca denah rumah Iwan (B.Indo kls 4)


                                            Membaca denah rumah Iwan

Tujuan:  

anak dapat membaca denah berdasarkan gambar yang diberikan.

Petunjuk:  
Perhatikan denah rumah Iwan di bawah ini, kemudian jawab pertanyaannya!



1. rumah iwan menghadap ke arah ….
  a. utara
  b. timur
  c. selatan
  d. barat

2. ruang keluarga dekat dengan ….
  a. Taman
  b. Ruang Tamu
  c. Teras
  d. Jalan raya

3. Di sebelah utara ruang keluarga adalah ….
  a. Dapur
  b. Garasi
  c. Kamar Tidur
  d. Ruang Tamu

4. Kamar mandi berada di sebelah … dapur.
  a. Utara
  b. Timur
  c. Selatan
  d. Barat

5. Panjang kamar tidur utama adalah …. meter
  a. 1 meter
  b. 2 meter
  c. 3 meter
  d. 4 meter

6. Panjang dapur adalah …. Meter
  a. 1 meter
  b. 2 meter
  c. 3 meter
  d. 4 meter

7. Teras berada di sebelah …. taman.
  a. Utara
  b. Timur
  c. Selatan
  d. Barat

8. Panjang kamar mandi adalah … meter
  a. 1 meter
  b. 2 meter
  c. 3 meter
  d. 4 meter

9. Ruangan yang berada paling utara dari rumah Iwan adalah dapur dan ….
  a. kamar tidur utama
  b. kamar tidur
  c. kamar mandi
  d. teras

10. Ruang tamu berada di sebelah … kamar tidur utama.
  a. Utara
  b. Timur
  c. Selatan
  d. Barat

Menggunakan Kata Depan yang Tepat (B.Indo kls 4)

                                       Menggunakan Kata Depan yang Tepat

Tujuan: anak dapat menggunakan kata depan yang tepat.


Petunjuk: Lengkapilah kalimat-kalimat di bawah ini dengan kata depan yang tepat!

1. Kata depan yang tepat untuk kalimat : Rina sedang pergi …. sekolah.
  a. Di
  b. Ke
  c. Dari
  d. Pada

2. Kata depan yang tepat untuk kalimat : Paman datang …. Jakarta tadi malam.
  a. Di
  b. Ke
  c. Dari
  d. Pada

3. Kata depan yang tepat untuk kalimat : Aku mengunjungi pamanku yang tinggal … Bali.
  a. Di
  b. Ke
  c. Dari
  d. Ter

4. Kata depan yang tepat untuk kalimat : Ayah masih berada …. kantor.
  a. Di
  b. Ke
  c. Dari
  d. Pada

5. Kata depan yang tepat untuk kalimat : Rini melihat bunga mawar …. taman.
  a. Di
  b. Ke
  c. Dari
  d. Pada

6. Kata depan yang tepat untuk kalimat : …. Bali kemudian kami menuju Surabaya.
  a. Pada
  b. Di
  c. Dari
  d. Ke

7. Kata depan yang tepat untuk kalimat : Perjalanan …. rumah nenek sangat menyenangkan.
  a. Ke
  b. Pada
  c. Di
  d. dari

8. Kata depan yang tepat untuk kalimat : Kemarin terjadi kebakaran … desa sebelah.
  a. pada
  b. Di
  c. Dari
  d. Ke

9. Kata depan yang tepat untuk kalimat : Pagi-pagi sekali kakak sudah berangkat … kampus.
  a. Ke
  b. Di
  c. Pada
  d. Dari

10. Kata depan yang tepat untuk kalimat : Mobil itu tiba-tiba datang … arah barat.
  a. Ke
  b. Pada
  c. Di
  d. Dari

memilih kalimat dengan huruf kapital yang benar (B.Indo kls 4)

                                Memilih kalimat dengan huruf kapital yang benar
Tujuan:  

anak dapat menggunakan huruf kapital yang benar pada kalimat.

Petunjuk:  
Pilih kalimat yang menggunakan huruf kapital yang benar!

1. Manakah kalimat yang benar?
  a. Pulau bali adalah pulau yang sangat indah.
  b. Pulau Bali adalah pulau yang sangat indah.
  c. Pulau bali adalah pulau yang sangat Indah.
  d. Pulau Bali adalah pulau yang sangat Indah.

2. Manakah kalimat yang benar?
  a. Besok ayah Pergi ke Sulawesi.
  b. Besok ayah pergi ke sulawesi.
  c. Besok ayah pergi ke Sulawesi.
  d. besok ayah pergi ke Sulawesi.

3. Manakah kalimat yang benar?
  a. Anoa adalah binatang khas pulau Sulawesi.
  b. Anoa adalah binatang khas Pulau Sulawesi.
  c. Anoa adalah binatang khas pulau sulawesi.
  d. anoa adalah binatang khas pulau Sulawesi.

4. Manakah kalimat yang benar?
  a. Orang itu sudah lama tinggal di pulau ini.
  b. orang itu sudah lama tinggal di Pulau ini.
  c. Orang itu sudah lama tinggal di Pulau ini.
  d. Orang itu sudah lama tinggal Di Pulau ini.

5. Manakah kalimat yang benar?
  a. suku Asmat terdapat di pulau irian.
  b. Suku asmat terdapat di pulau Irian.
  c. Suku Asmat terdapat di pulau Irian.
  d. Suku Asmat terdapat di Pulau Irian.

6. Manakah kalimat yang benar?
  a. pulau ini tidak Berpenghuni.
  b. Pulau ini tidak berpenghuni.
  c. pulau ini tidak berpenghuni.
  d. Pulau ini tidak Berpenghuni.

7. Manakah kalimat yang benar?
  a. kata orang Pulau di seberang itu sangat Indah.
  b. Kata orang pulau di seberang itu sangat Indah.
  c. Kata orang Pulau di seberang itu sangat indah.
  d. Kata orang pulau di seberang itu sangat indah.

8. Manakah kalimat yang benar?
  a. Pulau Sabang adalah pulau paling barat di Indonesia.
  b. Pulau sabang adalah pulau paling barat di Indonesia.
  c. Pulau Sabang adalah pulau paling Barat di Indonesia.
  d. Pulau Sabang adalah Pulau paling Barat di Indonesia.

9. Manakah kalimat yang benar?
  a. Besok kami akan berlibur ke pulau di sebelah Timur itu.
  b. besok kami akan berlibur ke Pulau di sebelah Timur itu.
  c. besok kami akan berlibur ke pulau di sebelah Timur itu.
  d. Besok kami akan berlibur ke pulau di sebelah timur itu.

10. Manakah kalimat yang benar?
  a. Badak terdapat di pulau jawa.
  b. badak terdapat di pulau Jawa.
  c. Badak terdapat di pulau Jawa.
  d. Badak terdapat di Pulau Jawa.

B. Indo kls 4 (memilih kata yg tepat)

                                                       Memilih Kata yang Tepat

Tujuan:  

anak dapat menggunakan kata yang tepat dalam sebuah kalimat.

Petunjuk: Pilihlah salah satu jawaban sesuai dengan kata kata yang tepat untuk melengkapi kalimat-kalimat di bawah ini!

1. Nina dan teman-temannya …. Sinta yang sedang sakit.
  a. melihat
  b. menonton
  c. menengok
  d. melirik

2. Masyarakat berduyun-duyun …. pertunjukan drama di alun-alun.
  a. melihat
  b. menonton
  c. menengok
  d. melirik

3. Danu …. memanggil teman-temannya dengan suara yang keras.
  a. berteriak
  b. berbisik
  c. berucap
  d. bergumam

4. Ibu …. sebuah tas.
  a. menjinjing
  b. membopong
  c. memikul
  d. menggendong

5. Orang itu … karung di pundaknya.
  a. menjinjing
  b. membopong
  c. memikul
  d. membawa

6. Andi ……. ke teman-temannya sambil malu-malu.
  a. melirik
  b. membelalak
  c. memelototi
  d. melihat

7. Agar tidak kedengaran yang lain, Ima …………. Kepada Rara.
  a. berteriak
  b. berbisik
  c. berucap
  d. bergumam

8. Tino sedang ….. suling.
  a. meniup
  b. memompa
  c. menyulap
  d. menghisap

9. Aduh segarnya, angin …….. sepoi-sepoi.
  a. mengalir
  b. meniup
  c. berhembus
  d. basah

10. Ido ….. bola itu ke Udi.
  a. menerjang
  b. menendang
  c. memukul
  d. menghantam

B. Indo kls 4 (persamaan kata)

                                                           Persamaan Kata
Tujuan:  
Anak dapat mengenal kata-kata yang mempunyai sama arti.

Petunjuk:  
Jawablah pertanyaan berikut dengan cara memilih salah satu jawaban yang sama artinya !

1. Pak Karim tinggal di dusun Suka Maju. Arti dari kata dusun ialah ......
  a. hotel
  b. desa
  c. jalan
  d. gang

2. Adikku suka bermain tanah sehingga ia tampak dekil. Arti dari kata dekil ialah ......
  a. rapi
  b. senang
  c. kotor
  d. bersih

3. Ikan tidak hidup di darat tetapi di air. Arti dari kata darat ialah ......
  a. tanah
  b. udara
  c. rumah
  d. kolam

4. Karena terlalu banyak makan, perut Anto tampak buncit. Arti dari kata buncit ialah ......
  a. langsing
  b. gendut
  c. kurus
  d. rata

5. Kakak tampak resah setelah menerim telepon. Arti dari kata resah ialah ......
  a. senang
  b. santai
  c. melamun
  d. gelisah

6. Aku mampu mengerjakan semua pekerjaan rumah. Arti dari kata mampu ialah ......
  a. sanggup
  b. tidak bisa
  c. senang
  d. suka

7. Tadi malam Yanti tidur lelap sekali. Arti dari kata lelap ialah ......
  a. mengigau
  b. mimpi
  c. nyenyak
  d. nyaman

8. Pada malam hari jalanan tampak lengang. Arti dari kata lengang ialah ......
  a. ramai
  b. gelap
  c. terang
  d. sepi

9. Rudi meminta ampun kepada ibunya karena telah berbuat salah. Arti dari kata ampun ialah ......
  a. tolong
  b. kue
  c. maaf
  d. uang

10. Adik senang sekali duduk di lantai. Arti dari lantai ialah ......
  a. teras
  b. bantal
  c. ubin
  d. kursi

B. Indo kelas 4 (kata tanya)

                                                 Menggunakan Kata Tanya
Petunjuk:  

Lengkapilah kalimat-kalimat berdasarkan pilihan jawaban yang telah disediakan !

Pilihan Jawaban :
 1. Apa                              2. Ke mana
 3. Siapa                           4. Dari mana
 5. Di mana                      6. Mana


1. ...... yang berbicara denganmu tadi, Ton ?
  

2. ...... perginya Kucing itu ?
  

3. ....... penggarisku yang kau pinjam kemarin ?
  

4. ...... harus aku letakkan buku ini ?
  

5. ....... orang itu berasal ?
  

6. ...... kamu membeli baju itu ?
  

7. ...... yang merusak sepeda ini ?
  

8. ...... Rini pergi, sudah jam 7 belum datang juga ?
  

9. ...... yang lebih harum, bunga mawar atau bunga melati ?
  

10. ...... yang kamu gambar, Sus ?

Bahasa Indonesia Kelas 4 (menyusun kalimat)

                                                           Menyusun Kalimat
Tujuan:  

Anak dapat menyusun kata-kata acak menjadi sebuah kalimat yang tepat.

Petunjuk:  
Susunlah kata-kata acak berikut ini menjadi sebuah kalimat yang tepat !

1. giat - dapat - harus - agar - belajar - tercapai - kita - cita-cita
  

2. ibu - sebelum - aku - berangkat - membersihkan - membantu - sekolah - ke - rumah
  

3. cucilah - tidur - dulu - kakimu - sebelum
  

4. sehari - menggosok - kali - tiga - selalu - gigi - dalam - aku
  

5. belajar - jika - hari - menyesal - malas - kau - dikemudian - akan
  

6. akan - ke - pagi - kami - besok - nenek - rumah
  

7. adik - setiap - aku - sepeda - bermain - sore - bersama
  

8. karena - membuang - lingkungan - jangan - sampah - akan - merusak - sembarangan
  

9. tampak - terjadi - rina - yang - hingga - apa - ia - sedih - dengan
  

10. lahir - aku - tanggal - pada - 1996 - september - 19
  





 

Ips kls 4 (satu)

                                           Keragaman Suku Bangsa dan Budaya

Petunjuk: Pilihlah jawaban dengan tepat!


1. Apakah makna dari Bhineka Tunggal Ika?
  a. perbedaan menimbulkan perpecahan
  b. walaupun runtuh tapi tetap satu
  c. berbeda-beda tapi tetap satu
  d. berbeda-beda pasti runtuh

2. Indonesia memiliki keragaman budaya, kecuali?
  a. kesenian daerah
  b. model rambut
  c. cara berpakaian
  d. upacara adat

3. Suku bangsa yang masih mendiami daerah pedalaman adalah . . .
  a. Sumatera
  b. Papua
  c. Kalimantan
  d. Jakarta

4. Bahasa yang hidup dan berkembang pada masyarakat tertentu merupakan . . .
  a. bahasa modern
  b. bahasa daerah
  c. bahasa sunda
  d. bahasa batak

5. Bahasa nasional yang disepakati oleh bangsa kita sebagai bahasa resmi negara adalah . . .
  a. bahasa indonesia
  b. bahasa daerah
  c. bahasa kampung
  d. bahasa inggris

6. Kesenian tradisional dari Madura adalah . . .
  a. lompat batu
  b. tari seudati
  c. karapan sapi
  d. ngaben

7. Rumah adat joglo berasal dari provinsi . . .
  a. Bali
  b. Jawa tengah
  c. Madura
  d. Papua

8. Siapakah yang pertama kali mengemukakan kalimat Bhineka Tunggal Ika?
  a. Mpu Tantular
  b. guru
  c. presiden
  d. Ayah

9. Upacara pembakaran mayat di Bali dinamakan dengan . . .
  a. lompat batu
  b. ngaben
  c. karapan sapi
  d. Joglo

10. Yang tidak termasuk menghargai keragaman yang tumbuh di masyarakat, adalah . . .
  a. tidak membedakan setiap suku bangsa
  b. mencela tradisi yang tumbuh dimasyarakat
  c. tidak membanggakan suku sendiri
  d. mendukung setiap kegiatan masyarakat

Rabu, 19 November 2008

kejar IPS (kls 6)

PETUNJUK PENGERJAAN :

1. Berilah tanda silang pada salah satu huruf pada lembar jawaban, yang anda anggap paling tepat.
2. Apabila ada jawaban anda yang salah dan anda ingin memperbaikinya, coretlah dengan dua garis mendatar pada option (pilihan) anda yang salah, kemudian beri tanda silang (X) pada pilihan jawaban pengganti yang anda anggap benar.
Contoh :
Pilihan semula A B C D
Dibetulkan menjadi A B C D


1. Keterangan gambar yang terdapat pada peta disebut ….
a. Legenda
b. Skala
c. Judul Peta
d. Symbol

2. Pada peta di samping, laut Arafuru ditandai pada nomor ….
a. 5
b. 4  
c. 3
d. 2

3. Raja termasyur dari Kerajaan Kutai pada abad ke IV adalah ….
a. Kundungga
b. Aswawarman
c. Mulawarman
d. Purnawarman

4. Beberapa candi peninggalan zaman Hindu di nusantara adalah candi-candi Hindu berikut ini, kecuali candi ….
a. Prambanan
b. Gedung Songo
c. Borobudur
d. Dieng

5. Mayoritas masyarakat pedalaman Papua bekerja sebagai ….
a. nelayan
b. bertani
c. berburu
d. pegawai

6. Tujuan didirikannya koperasi adalah ….
a. meningkatkan kesejahterahan bersama
b. meningkatkan kesejahterahan anggota
c. meningkatkan kesejahterahan pribadi
d. meningkatkan kesejahterahan pengurusnya



7. Pada masa awal penjelajahan samodra, bangsa Eropa berdatangan ke Nusantara bertujuan untuk ….
a. berdagang rempah-rempah
b. menjajah Nusantara
c. menguasai Asia-Afrika
d. menyebarkan agama

8. Akibat negatif pelaksanaan tanam paksa bagi rakyat Indonesia pada masa penjajahan yaitu ….
a. rakyat Indonesia semakin makmur kehidupannya
b. rakyat Indonesia semakin miskin dan sengsara
c. rakyat Indonesia mengetahui cara bertanam komoditi eksport
d. rakyat Indonesia mulai mengenal uang

9. Puncak gunung tertinggi di tanah Papua adalah ….
a. Kerinci
b. Mahameru
c. Jayawijaya
d. Galunggung

10. Sungai yang terpanjang di Pulau Sumatra adalah sungai ….
a. Barito
b. Kapuas
c. Musi
d. Batanghari

11. Yang menghubungkan P. Sulawesi dengan P. Kalimantan adalah selat ….
a. Karimata
b. Sunda
c. Makasar
d. Malaka

12. Pembagian wilayah waktu di Indonesia terdiri dari daerah waktu berikut, kecuali ….
a. Waktu Indonesia Utara (WIRA)
b. Waktu Indonesia Barat (WIB)
c. Waktu Indonesia Tengah (WITA)
d. Waktu Indonesia Timur (WIT)

13. Wilayah Waktu Indonesia Timur meliputi propinsi ….
a. Nusa Tenggara Timur dan Papua
b. Sulawesi Utara dan Maluku
c. Maluku Utara, Maluku dan Papua
d. Sulawesi Tenggara dan Papua

14. Setiap berapa tahun sekali sensus penduduk di Indonesia dilaksanakan ?
a. 8
b. 10
c. 5
d. 4

15. Migrasi/perpindahan pendudukdari wilayah pedesaan (rural area) menuju perkotaan (urban area) disebut ….
a. transmigrasi
b. emigrasi
c. imigrasi
d. urbanisasi

16. Berikut ini adalah beberapa factor pendorong terjadinya urbanisasi, kecuali ….
a. kurangnya lapangan pekerjaan di desa
b. fasilitas pendidikan dan kesehatan di desa kurang memadai
c. kemiskinan, konflik, dan bencana alam
d. kota memiliki fasilitas dan sarana hiburan lengkap

17. Organisasi pertama yang dibentuk Jepang ketika menduduki wilayah Indonesia adalah organisasi ….
a. Pusat Tenaga Rakyat
b. Heiho
c. Gerakan 3 A
d. PETA

18. Tokoh nasional yang memproklamasikan kemerdekaan Indonesia adalah ….
a. Ir. Soekarno
b. Drs. Moh. Hatta
c. Muh. Yamin
d. Achmad Soebardjo

19. Tokoh nasional yang turut serta mendampingi dalam peristiwa detik proklamasi RI, kemudian menjadi wakil presiden yang pertama adalah ….
a. Moh. Yamin
b. Moh. Natsir
c. Moh. Hatta
d. Achmad Soebardjo

20. Alat transportasi yang banyak digunakan pada masyarakat suku Kamoro adalah ….
a. Kuda/Andong
b. Perahu
c. Rakit/Lanting
d. Motor boat

21. Letak wilayah Indonesia secara astronomis berada pada ….
a. 95ºBB - 141ºBT
b. 95ºBB - 141ºBB
c. 95ºBT – 141ºBB
d. 95ºBT - 141ºBT

22. Salah satu latar belakang terbentuknya ASEAN adalah ….
a. menjaga keamanan wilayah dan kerjasama militer
b. menciptakan stabilitas keamanan regional
c. mewujudkan negara adil dan sejahtera bebas dari kemiskinan
d. meningkatkan pembangunan dan perdagangan bersama
23. Berikut ini adalah kelompok negara-negara di wilayah Asia Timur, kecuali ….
a. Korea Selatan
b. Jepang
c. Myanmar
d. Mongolia

24. Palung laut yang terdalam di dunia terletak di negara ….
a. Filipina
b. Mexico
c. Irlandia
d. New Zealand

25. Wilayah negara bagian New South Wales pada peta di bawah ini ditunjukkan pada nomor ….
 
a. 2
b. 3
c. 4
d. 5




 
26. Peristiwa heroik para pejuang 10 Nopember 1945 Surabaya selalu dikenang. Peristiwa tersebut setiap tahun selalu diperingati sebagai hari ….
a. Kemerdekaan
b. Bhayangkara
c. Kesaktian Pancasila
d. Pahlawan

27. Puncak ketegangan antara Indonesia dan Belanda dalam masalah Irian Barat adalah ….
a. Indonesia menolak segala bentuk bantuan dari Belanda
b. Indonesia memutuskan hubungan diplomatik dengan Belanda
c. Belanda dan Indonesia kembali ke meja perundingan
d. Indonesia menyerahkan kekuasaan kepada Belanda

28. Perwira AL. yang memimpin peperangan di Laut Arafuru merebut Irian Barat dari tangan Belanda dan gugur bersama KRI. Macan Tutulnya adalah ….
a. Kapten Wiratno
b. Komodor Soedomo
c. Komodor Yos Soedarso
d. Kolonel Laut achmad Tahir

29. Pahlawan-pahlawan berikut ini adalah pahlawan revolusi, kecuali ….
a. Kolonel Untung Sutopo
b. Mayjen. S. Parman
c. Lettu. Piere A. Tendean
d. Brigjen. DI. Panjaitan


30. Terusan Suez di Mesir menghubungkan laut…. dengan laut ….
a. laut Arab dan laut Atlantik
b. laut Tengah dan laut Merah
c. laut Atlantik dan laut Baltik
d. laut Hindia dan laut Tengah

31. Beberapa benda berikut adalah peninggalan sejarah Mesir Kuno, kecuali ….
a. Spinx
b. Pyramid
c. Zigurat
d. Mummi

32. Puncak tertinggi pegunungan Alpen di Perancis adalah gunung ….
a. Mount Blanc
b. Elbrus
c. Cosciusco
d. Ben Nevis

33. Kenampakan alam air terjun terbesar di dunia terdapat di perbatasan Amerika Serikat dan Canada adalah air terjun ….
a. Chaudiere
b. Niagara
c. Angel 
d. Victoria

34. Konfrensi Asia Afrika secara resmi dibuka oleh ….
a. Moh. Yamin
b. Ir. Rooseno
c. Ali Sastroamidjojo
d. Ir. Soekarno

35. Perdana mentri Sri Lanka yang hadir dalam KAA. Tahun 1955 di Bandung adalah ….
a. Mohammad Ali Jinah
b. Pandit Jawaharlal Nehru
c. Sir John Kotelawala
d. Sri Rajaratnam















PETUNJUK PENGERJAAN ROM. II :
Isilah titik-titik dengan jawaban singkat dan tepat.

36. Mayoritas penduduk pedalaman Propinsi Papua bekerja sebagai ….
37. Raja termasyur dari kerajaan Tarumanegara yang berkuasa di jawa Barat pada abad 5 masehi adalah. ….
38. Kota di Indonesia yang tepat dilalui garis Katulistiwa adalah kota ….
39. Jika saat ini waktu Jakarta menunjukkan pukul 09.00. WIB. Pukul berapakah waktu Timika ?
40. Salah satu tokoh pemimpin gerakan PUTERA. Adalah ….
41. Kantor pusat Sekretariat Jendral ASEAN berada di kota ….
42. Secara geografis wilayah Indonesia terletak diantara dua benua yaitu Asia dan Australia dan dua samodra Hindia dengan samodra ….
43. Sungai yang terpanjang di Afrika adalah sungai ….
44. Pegunungan yang menjadi pembatas Benua Asia dengan Benua Eropa adalah pegunungan ….
45. Bangsa-bangsa yang mendiami Benua Eropa tergolong Ras ….


PETUNJUK PENGERJAAN ROM. III :
Berilah jawaban dalam bentuk uraian singkat, tepat dan jelas!

46. Sebutkan tiga type iklim benua Asia.
47. Jelaskan tiga manfaat adanya Karang Penghalang Besar (Great Barrier Reef) di pantai Timur Australia.
48. Sebutkanlah batas-batas wilayah Benua Amerika.
49. Sebutkan tiga dari Dasa Sila Bandung !
50. Jelaskan tiga peranan PBB dalam membentu perjuangan bangsa Indonesia menegakkan kemerdekaan.










SELAMAT dan SUKSES 

IPS LHO!! (kls 6)

ROM. I PILIHAN GANDA
Jawab pertanyaan berikut dengan memberi tanda silang (X) pada kolom a, b, c, atau d yang kamu anggap benar, di lembar jawab yang telah tersedia. (Jangan lupa memberi NAMA, KELAS, dan No. Absen MU di lembar jawab !)

1. Hakikat Wawasan Nusantara adalah cara pandang dan sikap .... terhadap diri dan lingkungannya.
a. bangsa Indonesia
b. pemerintah Indonesia
c. anggota parlemen
d. pemuka masyarakat

2. Wawasan Nusantara lebih mengutamakan ....
a. perbedaan
b. persatuan
c. kepentingan golongan
d. kepentingan pribadi

3. Wawasan Nusantara berfungsi sebagai .... bangsa Indonesia.
a. pendapat, rambu-rambu, keinginan.
b. motivasi, pedoman, dorongan serta pendapat
c. rambu-rambu, pedoman, dorongan, serta kehendak
d. pedoman, motivasi, dorongan, serta rambu-rambu

4. Wawasan Nusantara penting untuk hal-hal berikut, kecuali ....
a. mempersatukan bangsa
b. menangkal setiap ancaman
c. menangkal budaya luar
d. mencegah perselisihan

5. Perselisihan tidak boleh terjadi diantara kita sesama anak bangsa, karena dapat mengakibatkan hal-hal berikut, kecuali ....
a. merusak persatuan
b. merusak persahabatan
c. menumbuhkan rasa kebersamaan
d. menumbuhkan benih perpecahan




ROM II Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang benar !

1. dalam kehidupan berbangsa kita harus mengutamakan ....
2. Tiga contoh ancaman yang pernah dihadapi oleh bangsa Indonesia adalah ....
3. Budaya nasional bersumber dari budaya ....
4. Budaya daerah yang beragam dapat memperkaya dan memperkuat ....
5. Budaya daerah memperkaya budaya nasional karena ....



ROM III Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan jelas !

1. Apakah yang dimaksud dengan Wawasan Nusantara ?
2. Mengapa Wawasan Nusantara memiliki kedudukan penting daalam mempersatukan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia ?
3. Umpama kelas mu adalah sebuah negara, apa yang harus dilakukan oleh warga kelasmu supaya kelasnya selalu aman, tertib, dan bersih ?
4. Setiap daerah memiliki keragaman. Tunjukkan sedikitnya tiga keragaman yang ada ditiap-tiap daerah !
5. Jelaskan manfaat dari nilai-nilai positif budaya daerah lain terhadap pengembangan budaya kita sendiri !
6. Jelaskan alasanmu, mengapa budaya daerah dapat memperkokoh persatuan bangsa !
7. Bagaimanakah sikap kita sebaiknya terhadap budaya daerah lain ?
8. Bagaimanakah pandanganmu terhadap adanya masyarakat Indonesia yang ingin memisahkan dirinya dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ?
9. Apabila di sekolahmu diadakan pertandingan sepak bola antar kelas, sikap apa yang harus dikembangkan agar kelasmu kompak dan menjadi juara ?
10. Jelaskan fungsi Wawasan Nusantara bagi bangsa Indonesia yang beranekaragam / heterogen ini !?


Selamat bekerja dan sukses !!

IPS yuk (kls 6)

ROM. I PILIHAN GANDA
Jawab pertanyaan berikut dengan memberi tanda silang (X) pada kolom a, b, c, atau d yang kamu anggap benar, di lembar jawab yang telah tersedia. (Jangan lupa memberi NAMA, KELAS, dan No. Absen MU di lembar jawab !)

1. Aneka ragam suku yang mendiami wilayah Indonesia merupakan ....
a. kekayaan budaya
b. kekayaan animisme
c. kekayaan alam dan sumber daya
d. kekacauan dalam pengaturan

2. Suku-suku yang mendiami propinsi Papua adalah ....
a. Gayo, Karo, Toba & Mandailing
b. Asmat, Dani, Kamoro & Amungme
c. Sentani, Damal, Betawi & Madura
d. Dayak, Senggi, Togite & Pasemah

3. Suku Baduy mendiami wilayah propinsi ....
a. Jawa Barat
b. Gorontalo
c. Banten
d. Sumatra Barat

4. Suku Bugis, Toraja, Minahasa, Sangir Talaut, serta suku Buton mendiami pulau ....
a. Kalimantan
b. Sumatra
c. Nusa Tenggara
d. Sulawesi

5. Suku yang mendiami pulau Kalimantan adalah suku ....
a. Asmat
b. Dayak
c. Kubu
d. Batak

6. Benyamin Suaeb suku Betawi, Ucok suku Batak, Rifki suku Sunda, Poniman suku Jawa, Ahong suku China, Siti suku Arab, Andi suku Bugis, mereka tinggal bertetangga. Semuanya harus ....
a. bersatu
b. berselisih
c. berlomba
d. bertengkar



7. Keberagaman budaya di Indonesia tercermin dari ....
a. kesenian daerah, fanatisme daerah, dan upacara adat
b. kesenian daerah, pakaian adat, kesukuan yang fanatik
c. kesenian daerah, pakaian adat, dan bahasa daerah
d. senjata tradisional, pakaian adat, dan fanatisme agama

8. Bahasa daerah yang paling banyak diserap ke dalam bahasa Indonesia adalah ....
a. bahasa Makasar
b. bahasa Sunda
c. bahasa Sasak
d. bahasa Melayu

9. Lagu daerah Bungong Jeumpa berasal dari daerah ....
a. Sumatra selatan
b. Sumatra Utara
c. Sumatra Barat
d. Nangroe Aceh Darussalam


10. Tarian berikut yang berasal dari daerah Sumatra Utara adalah ....
a. Tari Tor-Tor
b. Tari Payung
c. Tari Tabot
d. Tari Mak Yong

11. Lagu daerah berikut yang berasal dari Sumatra Selatan yaitu ....
a. Soleram
b. Injit-injit Semut
c. Dek Sangke
d. Ayam Den Lapeh

12. Senjata tradisional Kujang berasal dari daerah ....
a. Jawa Timur
b. Jawa Barat
c. Aceh
d. Sulawesi Selatan

13. Alat musik Sasando berasal dari daerah ....
a. Bali
b. Nusa Tenggara Barat
c. Kalimantan Tengah
d. Nusa Tenggara Timur

14. Lagu daerah berikut ini yang bukan dari DKI-Jakarta (Betawi) adalah ....
a. Jali-Jali
b. Kicir-kicir
c. Cik-cik Periok
d. Surilang

15. Sedangkan tarian berikut ini yang bukan merupakan tarian daerah Bali adalah ....
a. Cakalele
b. Kecak
c. Legong
d. Pendet




ROM II ISILAH TITIK-TITIK DENGAN JAWABAN SINGKAT DAN BENAR !

1. Suku Ogan, suku Komering, suku Rawas berasal dari daerah propinsi ....
2. Suku Amungme, Dani, dan Asmat tinggal di pulau ....
3. Suku Madura banyak berdomisili (bertempat tinggal) di propinsi....
4. Rumah Gadang adalah rumah adat masyarakat .... di propinsi ....
5. Suku Bali asli disebut ....
6. Celurit adalah senjata tradisional masyarakat suku ....
7. Suku Baduy terdapat di propinsi ....
8. Suku Mentawai tinggal di kepulauan .... di propinsi ....
9. Lagu Suwe Ora Jamu adalah lagu daerah ....
10. Sedangkan lagu Yamko Rambe Yamko berasal dari propinsi ....
11. Rencong adalah senjata tradisi masyarakat ....
12. Tari Selamat Datang dan tari Musyo adalah tarian masyarakat ....
13. Sekaten adalah upacara memperingati ....
14. Kulintang adalah alat musik tradisional dari ....
15. Upacara adat Siraman bagi calon mempelai menjelang akad nikah berasal dari ....

ROM III JAWABLAH PERTANYAAN BERIKUT MENURUT PEMAHAMANMU.

1. Tuliskanlah lima suku yang mendiami pulau Papua !
2. Jelaskan arti kata “Bhineka Tunggal Ika” !
3. Sebutkanlah tiga suku di Indonesia yang masih tinggal di daerah pedalaman.
4. Mengapa kita harus membina persatuan ?
5. Apa nama suku terasing di propinsi Banten dan propinsi Jawa Timur ?
6. Bagaimanakah cara kita melestarikan budaya daerah ?
7. Uraikan singkat pakaian adat pria atau wanita dari suku keluargamu.
8. Jelaskan satu upacara adat yang ada pada suku atau tempat tinggalmu.
9. Apakah manfaat mempelajari unsur-unsur kebudayaan daerah ?
10. Tuliskan tiga lagu daerah, tiga senjata tradisional dan tiga tarian tradisional yang kamu kenali.


Selamat bekerja dan sukses !!!

IPS kita (kls 6)

ROM. I PILIHAN GANDA
Jawab pertanyaan berikut dengan memberi tanda silang (X) pada kolom a, b, c, atau d yang kamu anggap benar, di lembar jawab yang telah tersedia. (Jangan lupa memberi NAMA, KELAS, dan No. Absen MU di lembar jawab !)

1. Hakikat Wawasan Nusantara adalah cara pandang dan sikap .... terhadap diri dan lingkungannya.
a. bangsa Indonesia
b. pemerintah Indonesia
c. anggota parlemen
d. pemuka masyarakat

2. Wawasan Nusantara lebih mengutamakan ....
a. perbedaan
b. persatuan
c. kepentingan golongan
d. kepentingan pribadi

3. Wawasan Nusantara berfungsi sebagai .... bangsa Indonesia.
a. pendapat, rambu-rambu, keinginan.
b. motivasi, pedoman, dorongan serta pendapat
c. rambu-rambu, pedoman, dorongan, serta kehendak
d. pedoman, motivasi, dorongan, serta rambu-rambu

4. Wawasan Nusantara penting untuk hal-hal berikut, kecuali ....
a. mempersatukan bangsa
b. menangkal setiap ancaman
c. menangkal budaya luar
d. mencegah perselisihan

5. Perselisihan tidak boleh terjadi diantara kita sesama anak bangsa, karena dapat mengakibatkan hal-hal berikut, kecuali ....
a. merusak persatuan
b. merusak persahabatan
c. menumbuhkan rasa kebersamaan
d. menumbuhkan benih perpecahan




ROM II Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang benar !

1. dalam kehidupan berbangsa kita harus mengutamakan ....
2. Tiga contoh ancaman yang pernah dihadapi oleh bangsa Indonesia adalah ....
3. Budaya nasional bersumber dari budaya ....
4. Budaya daerah yang beragam dapat memperkaya dan memperkuat ....
5. Budaya daerah memperkaya budaya nasional karena ....



ROM III Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan jelas !

1. Apakah yang dimaksud dengan Wawasan Nusantara ?
2. Mengapa Wawasan Nusantara memiliki kedudukan penting daalam mempersatukan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia ?
3. Umpama kelas mu adalah sebuah negara, apa yang harus dilakukan oleh warga kelasmu supaya kelasnya selalu aman, tertib, dan bersih ?
4. Setiap daerah memiliki keragaman. Tunjukkan sedikitnya tiga keragaman yang ada ditiap-tiap daerah !
5. Jelaskan manfaat dari nilai-nilai positif budaya daerah lain terhadap pengembangan budaya kita sendiri !
6. Jelaskan alasanmu, mengapa budaya daerah dapat memperkokoh persatuan bangsa !
7. Bagaimanakah sikap kita sebaiknya terhadap budaya daerah lain ?
8. Bagaimanakah pandanganmu terhadap adanya masyarakat Indonesia yang ingin memisahkan dirinya dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ?
9. Apabila di sekolahmu diadakan pertandingan sepak bola antar kelas, sikap apa yang harus dikembangkan agar kelasmu kompak dan menjadi juara ?
10. Jelaskan fungsi Wawasan Nusantara bagi bangsa Indonesia yang beranekaragam / heterogen ini !?


Selamat bekerja dan sukses !!